Beranda Kab. Ketapang Ratusan ASN Sekda Ketapang Saling Maaf Memaafkan

Ratusan ASN Sekda Ketapang Saling Maaf Memaafkan

70
Ratusan ASN saling bermaaf-maafan saat acara halal bi halal di lingkungan Sekda Ketapang.

KALBAR.KABARDAERAH.COM, KETAPANG – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat daerah Kantor Bupati Ketapang  menggelar halal bi halal dengan berkumpul bersama untuk bersalaman sebagai ungkapan saling memaafkan agar yang haram menjadi halal.

Tradisi ini diselenggarakan setelah hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018.

Kegiatan halal bi halal yang berlansung di lantai dasar Kantor Bupati Ketapang tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Ketapang Drs H Suprapto S, Pj Sekda Drs Heronimus Tanam, ME, Asisten I Donatus Franseda AP MM, Staf Ahli, Kepala badan pengelola Keuangan dan Aset Daerah  Alexander Wilyo, S STP, M Si, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Repalianto S.Sos M Si, Kasat Pol PP Muslimin S Ip, Kepala Bagian serta ratusan ASN dan tenaga kontrak di lingkungan Sekretariat Daerah Ketapang, Senin, (2/7/2018).

Penjabat Sekretaris Daerah Drs Heronimus Tanam ME, dalam sambutannya mengatakan kegiatan halal bi halal tersebut disatukan antara dharma wanita dan pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Ketapang.

“Halal bi halal di lingkungan sekretariat Kantor Bupati Ketapang merupakan kegiatan yang pertama kali dan akan selalu di adakan setiap tahunnya,” ungkap Pj Sekda Heronimus Tanam.

Menurutnya, halal bi halal merupakan kebiasaan baik masyarakat Indonesia dan tradisi ini hanya ada di Indonesia, untuk saling memaaf-maafkan atau menghalal halalkan,

“Ketika sama-sama menghalakan maka itu jadi baik, momen halal bi halal ini sarana kita untuk bertemu, “ katanya.

Tak lupa pada kesempatan itu Penjabat Sekda mengucapakan selamat idul fitri 1439 Hijriah. Karena menurutnya umat islam telah melewati bulan puasa sehingga menjadi baik.

“Ibadah puasa yang banyak mengandung banyak makna sehingga kita dapat mengsyukurinya pada hari raya lebaran  yang telah lalu,“ ucapnya.

Dia berharap, dengan telah menjalani ibadah puasa kita bisa memeriksa bathin kita masing-masing karena puasa sebagai sarana mengoreksi diri kita masing-masing, sebagai Pegawai negeri sipil dalam melaksanakan tugas sehari-hari maupun terhadap keluarga kita.

“Kami sebagai pimpinan di sekretariat daerah ini juga memohon maaf atas segala yang telah lalu, demikian juga antara staf dengan atasan dan sebaliknya maupun sama sama staf karena sebagai manusia ada kata atau perbuatan yang kurang menyenangkan perlu kita hapus selama pertaubatan kita selama menjalankan ibadah puasa. dan kita lapangkan waktu kita sewatu lebaran maupun di acara halal bi halal ini,” terangnya.

Wakil Bupati Ketapang Drs H Suprapto S memberikan apresiasi kepada Penjabat Sekda Drs Heronimus Tanam Me yang sejak menjabat Pj Sekda Ketapang melakukan hal pertama halal bi halal ini.

Meskipun sewaktu lebaran Wabup membuka open haouse selama sehari setengah dengan memberikan kesempatan para Pegawai dan masyarakat sekitar untuk berkunjung saling bermaaf-maafan.

“Kami tidak bisa membalas kunjungan bapak ibu, karena bisa bayangkan hanya pegawai saja jumlahnya banyak belum lagi masyarakat di sekitarnya,” kata Wabup.

Momen halal bi halal ini sangat bagus kedepannya. Wabup berharap bukan hanya lingkup sekertariat tetapi dinas-dinas bisa diundang,karena kita tidak ada waktu banyak untuk saling berkunjung karena momen ini bagus untuk saling bermaafan.

“Sewaktu di kantor ada sesuatu yang membuat kita tidak enak baik sesama kawan, atasan dan bawahan, hari ini  kita bermaaf- maafan tidak ada lagi kesalahan di hati kita masing -masing,” ucapnya.

Setelah melakukan hala bi halal ini Wabup menghimbau kepada ASN untuk bisa bekerja dengan baik dengan perasaan aman karena menurutnya kita adalah satu keluarga besar pemerintah Kabupaten Ketapang

“Hari ini kita sama-sama melepaskan rasa iri dengki, rasa tidak nyaman. Setelah ini mari kita bekerja dengan baik,” ungkapnya.

“Kita masing-masing punya tanggungjawab sebagai PNS yang mengemban birokrasi pemerintahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Kabupaten Ketapang,” tambah wabup.

Setelah mendengarkan sambutan penjabat sekda dan Wakil Bupati Ketapang, seluruh ASN dan tenaga kontrak mendengarkan siraman rohani dari Ustad Zulkainaen S Ag dari kementerian Agama Ketapang.

Selanjutnya, seluruh pegawai yang hadir secara bergantian berjabat tangan dan saling maaf-memaafkan kepada Wakil Bupati, PJ Sekda, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang. 

(AgsH/Adv)  ‎