Beranda Kab. Ketapang Dinyatakan Sehat Dari RSJ Bodog, Eks ODGJ Di Pulang 

Dinyatakan Sehat Dari RSJ Bodog, Eks ODGJ Di Pulang 

121
ODGJ yang telah dinyatakan sehat dari RSJ Bodog sebelum diambil oleh pihak keluarga meraka berkumpul terlebih dahulu di Dinas Sosial Ketapang.
KALBAR.KABARDAERAH.COM, KETAPANG – Sebanyak 24  exs orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berasal dari Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, yang telah dinyatakan sehat dari rumah sakit jiwa (RSJ) di Bodog, Singkawang, belum lama ini telah di pulangkan ke pangkuan keluarga mereka.
“‎Exs ODGJ yang di pulangkan tadi berasal dari 11 kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang‎,” kata Kasi Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Ketapang, Didit Haryadi, Jum’at (14/9/2018)‎.
Didit menyebutkan, dari seluruh biaya pengobatan hingga ke pulangan mereka seluruhnya di tanggung oleh APBD Ketapang tahun 2018.
 
“Tiap tahunnya untuk biaya pengobatan ODGJ melalui Dinas Kesehatan Pemkab Ketapang hanya mampu membiayai sebanyak 10 orang selebihnya ditanggung oleh pihak keluarga mereka,” jelasnya.
 
“Kita berharap untuk di tahun-tahun mendatang anggaran yang ditanggung melalui Dinkes bisa ditambah berkisar minimal 25 orang,” ujar Didit.
Agar tidak banyak mewabahnya ODGJ di Kabupaten Ketapang, Didit mengimbau agar pihak keluarga dapat segera mengurus biaya pengobatan di Kantornya dengan melampirkan Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) dari desa serta komponen kartu sosial jika ingin pengobatan melalui BPJS.
 
“Untuk ODGJ sendiri diperkirakan di Kabupaten Ketapang masih berkisar ratusan orang lebih,” pungkasnya.‎
 
(AgsH)‎