Beranda Kab. Ketapang Harapan Ketua Panwascam Delta Pawan Terhadap148 Orang Pengawas TPS Yang Dilantik

Harapan Ketua Panwascam Delta Pawan Terhadap148 Orang Pengawas TPS Yang Dilantik

104
Usai pelantikan terhadap 148 Anggota Panwas TPS. Ketua Panwascam Delta Pawan Rustam Efendi (berbaju putih ditengah) berphoto bersama.
KALBAR.KABARDAERAH.COM, KETAPANG – Sebanyak 148 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kelurahan dan Desa se- Kecamatan Delta Pawan mengikuti acara Pelantikan sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Delta Pawan pada, Minggu (3/6/2018) di aula Kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Ketapang. 
 
Ketua Panwas Delta Pawan, Rustam Efendi dalam sambutannya berharap agar para anggota PTPS yang telah dilantik bisa bekerja secara adil dan profesional.
 
“Selamat kepada seluruh Pengawas TPS yang terpilih. Saya berharap kepada 148 Pengawas TPS bisa menjalankan amanah dari negara dengan penuh tanggung jawab,” ucap Rustam dihadapan ratusan Pengawas TPS yang dilantik.
 
Rustam mengatakan, Pengawas TPS merupakan ujung tombak dalam pengawasan di setiap tempat pemungutan suara khususnya pada saat pencoblosan. 
 
“Jadi pesan saya jalankan amanah dari negara ini dengan penuh tanggung jawab, jujur serta adil,” imbuhnya.
 
Ia melanjutkan, seluruh Pengawas TPS untuk dapat siap siaga dalam menjalankan tugas khususnya mengawasi jalannya pencoblosan hingga penghitungan suara. Selain itu ia berharap seluruh Pengawas TPS untuk dapat menjaga sinergitas dan komunikasi, baik dengan PPL, Panwascam serta pihak terkait dan lingkungan sekitar lokasi TPS yang diawasi.
 
“Kalau PPL ibarat wasit, kalau Pengawas TPS ibarat hakim garis membantu wasit melihat apakah ada pelanggaran atau offside, jadi disini PTPS harus mengawasi jalannya pencoblosan jangan sampai ada penyimpangan,” tuturnya.
 
Rustam berharap, pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Tahun 2018 yang akan digelar pada Tanggal 27 Juni 2018 mendatang dapat berjalan lancar, sukses dan aman khususnya yang akan digelar di Kabupaten Ketapang.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) perekrutan Pengawas TPS Delta Pawan, Theo Bernadhi, S.Sos. Sedang melakukan penandatanganan fakta integritas.
Ketua Kelompok Kerja (Pokja) perekrutan Pengawas TPS Kecamatan Delta Pawan, Theo Bernadhi, S.Sos, saat dikonfirmasi, menjelaskan, Pelantikan dan Bimtek dilakukan setelah semua proses dan mekanisme perekrutan telah selesai dilaksanakan.
 
“Sebelumnya kita sudah membuka pendaftaran selama satu pekan sejak 21 hingga 27 Mei dan  telah disebarkan ke setiap Kantor kelurahan/desa se-Kecamatan Delta Pawan serta ke beberapa media massa dan elektronik,” ungkapnya.
 
Ia melanjutkan, selama masa pendaftaran sedikitnya ada 165 orang yang mengambil formulir pendaftaran dan setelah melalui proses seleksi administrasi dan tes wawancara didapat 148 Pengawas TPS.
 
Menurutnya, setelah usai pelantikan, nanti pihaknya akan menggelar Bimtek untuk seluruh Pengawas TPS.
 
“Tujuannya agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku,” tukasnya.
 
(AgsH)